Oleh: ukimedia | Mei 26, 2007

Menghiasi Diri Dengan Akhlak Yang Baik

Menghiasi diri dengan akhlak yang baik termasuk unsur-unsur ketakwaan, dan tidak sempurna ketakwaan seseorang itu kecuali dengan akhlak yang baik.

Allah Ta’ala berfirman:“…(Surga itu) disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (Ali Imron: 133-134)

Dalam ayat yang mulia ini Allah Subhanahu wa Ta’ala menganggap bahwa bergaul dengan manusia dengan akhlak yang baik termasuk pilar-pilar ketakwaan.


Apa keutamaan akhlak yang baik itu ?

Diantara keutamaannya adalah :

Pertama : Akhlak yang baik termasuk tanda kesempurnaan iman seseorang, sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam: “Orang-orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shohihul Jami’, No. 1241)

Kedua : Dengan akhlak yang baik, seorang hamba akan bisa mencapai derajat orang-orang yang dekat dengan Allah Ta’ala, sebagaimana penjelasan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabda beliau: ”Sesungguhnya seorang mukmin dengan akhlaknya yang baik bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dan qiyamul lail.” (Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’, No. 1937)

Ketiga : Akhlak yang baik bisa menambah berat amal kebaikan seorang hamba di hari kiamat, sebagaimana sabda beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Tidak ada sesuatu yang lebih berat ketika diletakkan di timbangan amal (di hari akhir) selain akhlak yang baik.” (Shahihul Jami’, No. 5602)

Keempat : Akhlak yang baik merupakan sebab yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam surga. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah ketika ditanya tentang apa yang bisa memasukkan manusia ke dalam surga. Beliau menjawab: “Bertakwa kepada Allah dan akhlak yang baik.” (Riyadhus Shalihin)

Apa yang dimaksud akhlak yang baik itu ?

Imam Hasan Al-Bashri berkata : “Akhlak yang baik diantaranya: menghormati, membantu dan menolong.” Ibnul Mubarak berkata: “Akhlak yang baik adalah: “berwajah cerah, melakukan yang ma’ruf dan menahan kejelekan (gangguan).” Imam Ahmad bin Hambal berkata: “Akhlak yang baik adalah jangan marah dan dengki.”

Al-Imam Muhammad bin Nashr mengatakan: “Sebagian ulama berkata: Akhlak yang baik adalah menahan marah karena Allah, menampakkan wajah yang cerah berseri kecuali kepada ahlul bid’ah dan orang-orang yang banyak berdosa, memaafkan orang yang salah kecuali dengan maksud untuk memberi pelajaran, melaksanakan hukuman (sesuai syari’at Islam) dan melindungi setiap muslim dan orang kafir yang terikat janji dengan orang Islam kecuali untuk mengingkari kemungkaran, mencegah kedzaliman terhadap orang yang lemah tanpa melampaui batas.”(Iqadhul Himam, hal. 279)


Bagaimana memperbaiki akhlak seorang hamba ?

Akhlak seorang hamba itu bisa baik bila mengikuti jalannya (sunnahnya) Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam, sebab beliaulah orang yang terbaik akhlaknya. Allah Ta’ala berfirman: “Dan sesungguhnya engkau (wahai Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (Al-Qalam: 4). Allah Ta’ala juga menegaskan: “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian, (yakni) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (datangnya) hari kiamat, dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-Ahzab: 21)

Maka sudah selayaknya bagi setiap muslim mempelajari riwayat hidupnya dari setiap sisi kehidupan beliau (secara menyeluruh), yakni bagaimana beliau beradab dihadapan Rabbnya, kelurganya, sahabatnya dan terhadap orang-orang non muslim.

Salah satu cara untuk mempelajari itu semua adalah sering duduk (bergaul) dengan orang-orang yang bertakwa. Sebab seseorang itu akan terpengaruh dengan teman duduknya. Nabi bersabda: “Seseorang itu dilihat dari agama teman dekatnya. Karena itu lihatlah siapa teman dekatnya.”(HR Tirmidzi)

Kemudian wajib juga bagi setiap muslim untuk menjauhi orang yang jelek akhlaknya. Mudah-mudahan dengan begitu kita termasuk hamba-hamba Allah yang menghiasi diri kita dengan akhlak yang baik.

Wallahu waliyyut taufiq.

About these ads

Responses

  1. Ana berharap semua yang dimuat disini adalah sesuai sunnah yang benar.

  2. ehm…ana setuju InsyaAllah

  3. terkadang kita lupa akan apa yang kita lakukan adalah perbuatan yang sangat bertentangan dengan akhlak yang baik. Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa kita harus menahan marah karena Alloh dan hal seperti itu kadang kita tak menyadarinya. Terima kasih karena situs ini telah menambah wawasan saya dan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi saya dan buat yang membacanya.
    terima kasih,

  4. akhlak yang baik merupakan hal terpenting dan lebih baik daripada keindahan(read-kecantikan) fisik.

  5. assalamu’alaikum..
    yang udh beres baca artikel ini harus langsung pasang wajah cerah..
    ayo kita pasang wajah cerah terbaik kita dimulai dari sekarang.. smangat!! =)

  6. saudara2 ku akhlak yang baik harus di miliki oleh seorang muslim untuk bekal kita di dunia dan akhirat,,,, …ok

  7. Assalamualaikum
    terimakasih atas topiknya, sangat membantu saya dalam kehidupan saya.
    Namun ada 2 pertanyaan yang harus saya tanyakan, mohon jangan sakit hati karena saya juga ingin menjadi islam sebaik2nya..
    1. Dari dulu saya masih tidak mengerti, apa yang dimaksud dengan melakukan sesuatu (kebaikan) karena Allah S.W.T., apakah itu berarti ikhlas atau menyerahkan semuanya kepada Allah S.W.T
    2. Apakah benar diwajibkan untuk menjauhi orang yang akhlaknya jelek, meskipun itu orang islam sekalipun ? Bagaimana jika mau berdakwah? bukankah kita tetap harus mendekatinya pula?
    Terimakasih
    Sungguh, jika semua orang mengerti bagaimana indahnya ajaran Allah S.W.T itu, maka tidak ada yang tidak menangis terharu karena-Nya

  8. mudah2an kita bisa bersikap lbh baik dgn org lain dgn cara mengharagai diri sendiri…ALLAHUAKBAR

  9. Semoga tidaK ada kraguAn daLAm Ayat2 yaNg Anda TeraKan di siNi !
    Amieennn :)

  10. syukran akhiy

  11. syukron akhi..mhn izin share di blog saya… :-)

  12. aku g tau apakah akhlak ku baik

  13. Setelah membaca artikel diatas, semakin kita tahu kalau kita sendiri banyak kelemahan dalam akhlak,,gk bisa dipungkiri akan hal itu..bisa menjadi acuan untuk kita bagaimana cara memperbaiki akhlak kita di kemudian hari sebagai bekal kita kelak di akhirat..trims artkelnya..

  14. Tak penting rupa, akhlak yg indah itu yg utama…

  15. Assalamualaikum wrwb,

    Ana ijin copas materinya….

    Jazakallah

  16. alhamdulilah…
    mkash atas ilmunya.. . . . .

  17. pebrioka: mari kita perjuang kan akhlak & moral yg baik… pebrioka


    Sent mobile via MebApp.com. *Free on participating carriers.

  18. Terimakasih krn dgn in wawasan sy brtmbh

  19. tiap2 artikelx must sesuai kaidah syar’i trussss ok.

  20. YANG PENTING PRAKTEK.

  21. trima kasih atas ceramah nya smoga saya dpat myampai kan isi cramah trsbut ke tman2 ku skalian
    wasalam

  22. kebaikan adalah perkara yg membuatkn hati kita tenang manakala kejahatan adalah perkara yg mebuatkn hati kita gelisah.
    wallahualam.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: