Oleh: SEKAN | Juli 2, 2007

Penulisan Lafadz Alloh SWT

Sering kita temui dalam menulis Lafadz Alloh SWT dengan tulisan seperti ini : 4JJI.

Hal tersebut banyak kita temui di dalam SMS karena untuk menyingkat Lafadz Alloh SWT atau kah untuk melihatkan kekratifan kita pada orang yang kita kirimi SMS. Akan tetapi penulisan tersebut tidak benar, karena penulisan itu sebenarnya berasal dari maksud ridwan_mdl <ridwan_mdl@yahoo.co.uk> wrote: 4jji = for judas jesus and Isa almasih.

Hal tersebut sangat bertentangan dengan Akidah dari kita, mungkin maksud dari kita tidak mengarak kearti tersebut akan tetapi benar-benar murni dengan maksud menulis Lafadz Alloh SWT semata. Akan tetapi kita dilarang untuk mengikuti mode atau ciri khas dari orang nasroni/ yahudi oleh sebab itu mari kita tinggal kan penulisan Lafadz Alloh seperi yang dilakukan oleh orang Yahudi, dan semoga kita di jauhkan dari dosa-dosa yang disebabkan ketidak tahuan kita. Amiiiiin


Responses

  1. mungkin niat pemakai 4JJI dan penyampaian antum the writer can make something different. tapi ane biasanya makenya kok gini 4JJ1 atau 4_I_I I atau 4_l_l l trus itu maksudnya apa? ^_^, Jangan mempersulit hamba yang berusaha memahami agamanya, karena Allah tidak pernah mempersulit hambanya kecuali untuk kebaikan dirinya (hamba itu) sendiri. Wallahu a’lam,

  2. Mungkin yang kita maksud ya baik yaitu Lafadz Alloh bukan seperti itu, alangkah baiknya untuk menghindari kesalahan penafsiran orang lain, lebih baik ditinggalkan.

  3. Takut nya lagi apabila yang baca orang non, yang pasti dia akan merasa bangga mungkin karena tulisannya ditiru.
    Walaupun tulisan kita berbeda biasanya asumsi mereka akan tetap sama karena mereka anggap ide mereka digunakan.
    Kemarin dapat cerita, kalau ditulis di Hp nokia memang kelihatan/ terbaca Lafadz Alloh, akan tetapi diHp lain beda karena font yang digunakan tiap2 Hp berbeda

  4. 4JJ1 ==> kalo dibilang kaya’ huruf arab… nggak bener juga tuh penulisannya {la – ndak dobel}

    Saya tambah lagi untuk penulisan salam…
    Ingat, Ass =…? Ada sanggahan…?

    Pake konteks asli dari tulisan arabnya ya…

  5. tambah lagi…

    tidak boleh menyingkat salam
    tidak boleh menyingkat sholawat Rasul
    Tidak boleh menyingkat pujian kepada Allah

  6. wah klo kta ga thu,gmn dong…..
    tq ya informasnya

  7. duuh ga tau atuda….!!!

  8. mungkin maksud dari menggunakan 4JJI itu karena pengen menuliskan lafadz tersebut kebahasa arabnya..tapi,karena hal itu tak bisa dilakukan..maka penulis sms membuat kata 4JJI untuk menggantikan Lafadz 4JJI…antum semua tau kan kalo orang-orang non-islam tu biasanya mengucapkan kata ALLAH bukan ALLOH.nah mungkin,orang-orang yang lebih sms menggunakan 4JJI dari pada pake ALLAH tu karena mereka ga mau salah persepsi tentang hal itu…maksud hati pengen menyebut asmanya tapi malah kata itu bermakna ganda….ya,,kita kembali keawal aja…segala sesuatu itu tergantung pada niatnya to….tapi syukron atas infonya ya…

  9. ah jipat ma gak tau.mmana bener/salah.toh jipat sering dapat sms dr temen yang ada di pesantren pake tulisan 4JJI.pdahal mereka orang alim dan pendidikan.ah yang penting ati kita aj.kalo mao gak banyak sensasi ya apa adanya aj.dan yakin aj.maksudnya kita ke Allah swt.jipat ma ga peduli yang penting jipat ma nulisnya apa adanya.gak mau rekqyasa ko.y klo dipikir-pikir tulisan 4JJI ,emang si ada unsur riyanya.klo niatnya pengin dipuji dan sok gaul.jipat ma mending lu lu gw gw.yg penting niatnya baik aj.dan tau alasasan tulisan 4JJI.

  10. yg penting niatnya kok😉

    lgian gak usah diperdebatkanlah,
    msh banyak urusan lainnya yg lebih penting.
    sudah berapa kali sampai jam ini pada hari ini kita dzikir? semacam berkoreksi diri lah,,

    mending bisnis aja yuk biar dapet duit trus bisa nyumbang dan bersodakoh🙂
    check this out http://dynasis.alixwijaya.com

    saLam

    aLe
    http://alixwijaya.com

  11. syukron atas infonya…
    buat saudaraku sesama muslim, niat emang yg paling penting. Tapi sebuah kebenaran adl yg paling penting…
    Apa sulitnya untuk mengikuti kebenaran… Toh mengganti lafaz 4JJl dgn Allah bukanlah hal yg sulit… gak buang energi, gak ngabisin duit, gak ngabisin pulsa, pokoke gak ngerugiin kta sama sekali…
    Jadi mulai sekarang cobalah untuk memahami kebenaran dan mengikutinya…
    Karena kebenaran lebih baik dari kebiasaan, oke…

  12. Assalamualaikum,,,,,
    Inama a’malu bi niat,,,smuanya itu tgantung dari niat kita kan???,,,saya rasa kita tak perlu mmperdebatkan hal ini,,,dgn kita mmperdebatkan hal ini,,seakan2 4jji hanya bermakna for bla,,bla,,bla,,, itu,,,udahlah,,,niat baik kok berubah jadi ga baik,,,ga bner banget,,ya,,tapi klo risih dgn istilah itu,,terserah kalian2 semua,,dimata saya penulisan 4jji itu hanya untuk ALLAH semata krn untuk memperindah penulisan lafadz-NYA saja,,,ALLAHUAKBAR,,,sekarang gini ajah,,kata “yes” sering kita ucapkan pada saat meraih sebuah keberhasilan yang ktnya kepanjangan dari”yesus” aja ga pernah kita perdebatkan,,gimna tuh??
    MASIH BANYAK LOH PERMSALAHAN UMAT MUSLIM YG LEBIH PENTING KITA BAHAS,,,,
    sbenernya plesetan makna ky gitu tuh banyak deh klo kita mo reka2,,,,

    mohon maaf klo da kt2 yg tdk berkenan,,,,
    yg baik dtg dari ALLAH,,dan yg tdk baik datg dari diri saya,,

    walaikumsalam,,,

  13. ane setuju dengan kata2x ryan, semua itu jangan diperdebatkan, yang penting niat kita dan tidak ada unsur-unsur yang lain,,,,,

    wasssalam mu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,,,

  14. assalamu’alaikum…
    menurut saya, saat ini kita tidak sedang memperdebatkan sesuatu.
    kita melakukan perbaikan atas kesalahan yang telah kita perbuat.
    Astaghfirullah….
    kita semua memohon ampun kepada Allah SWT.
    saat kita belum mengetahui hal tersebut, mungkin kita gak berdosa, tapi mulai skrg kita udah tau. sebaiknya diperbaiki… insya Allah diridhoi-Nya. AMIN!!!
    afwan ya klo ada salah tulis…

    wassalamu’alaikum…

  15. coba deh pada cari di google atau yahoo…
    gak ada tuh istilah “for judas jesus and Isa almasih”
    yahh… kalo ane mah nganggepnya tulisan yg diatas itu cuma “hoax” aja.
    dari orang2 yg gak pengen kata2 4JJ1 atau 4JJI (yg artinya adalah ALLAH) itu tersebar luas dibumi ALLAH / 4JJ1 / 4JJI ini

    wallahua’lam bishshowaab

  16. Tinggalkan yang sekiranya meragukan… Setuju tidak..?

    Yang penting niat..?
    Saya pikir niat itu butuh ilmu, bukan sekedar asal2an… bener nggak sih..?

    Saya ndak menggunakan tulisan 4JJ1 bukan karena istillah “for judas jesus and Isa almasih”…
    nonsense itu mah menurut saya…

    Saya ndak pake itu ya karena tulisan 4JJ1 tu sama sekali ndak mencerminkan tulisan arab, istillahnya “mekso” (dipaksa) digunakan… Kita pake bahasa latin, ya tinggal nulis latin aja khan lebih enak….

  17. Manusia diberi akal oleh Ar Rahman Ar Rahim agar bisa membedakan yg baik & yg buruk
    & kita semua akan diminta pertanggungan jawabnya diakhirat nanti.

    090. AL BALAD.8
    Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata,
    9
    lidah dan dua buah bibir
    10
    Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan.

    But becareful friends 😉 because:

    010. YUNUS; 100
    …dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.

    Manusia diberi kebebasan memilih, silahakan menentukan apa yg menurut kita terbaik🙂

    Wassalam

  18. Sy sgt setuju ma tanggapan Ryan,kembali ke hati kt msg2…itu bkn mslh bsr untuk diributkan. Dan
    “for judas jesus and Isa almasih” mnrt sy bkn suatu istilah yg resmi, lebih kpd mengada-2 atau propaganda.
    Allah Maha Mengetahui bagi mareka2 yang ingin menyesatkan…..

  19. Sebuah kata memang bisa menjadi pedang…..islam itu universal, jadi semua tergantung niat (wallahualam)

  20. 100% HOAX, Judas itu musuhnya Jesus. Judas adalah orang yang mengkhianati Jesus dengan membocorkan infromasi tentang keberadaan Jesus pada orang2 Yahudi sehingga terjadi penyaliban. walau akhirnya dengan kehendak 4JJI swt, muka judas diserupakan dengan Jesus sehingga yang di salib adalah Judas itu sendiri. Lihat peristiwa penyaliban di dalam Al-quran (surat dan ayatnya ga hapal maap)

    Mana ada orang kristen yang bersumpah campur aduk kayak gini. PIKIR DONG PIKIIIIR

    Mana ada orang Yahudi bersumpah dengan nama isa?

    makanya ini 100% hoax.

  21. Assalamu’alaikum………
    ya emang semua trgantung niat…………
    tp apa ga sebaiknya yang meragukan itu ditinggalkan!!!!!!!!!

    YANG PASTI-PASTI AJA DEH…..!!!!!!!!!!!!!!

    Ga ada salahnya kan nulis ALLAH dengan benar….?!

    Allah Maha Tahu. smg kita trhindar dr sesuatu yang tidak benar………..
    Amin……………………………

    wassalamu’alaikum………….

  22. wah kok baru tw ya………
    ya klo emg bener smg yg dulu2 dihapus dosa2nya…..
    klo enggak ya apa salahnya klo kita menghindari sesuatu yang qt g tw kebenarannya.

    apa salahnya nulis ALLAH. kn cuma beda SATU huruf…………..
    smuanya emg trgantung cara pandang masing2 orang……..
    tp yg baca SMS qt kn beda2.jd utk menghindari salah persepsi, kn lebih baik nulisnya yg bener……

    Zwda di bulan ramadhan ini ga ush berdebat!!!!!!!!
    lebih baek banyakin ibadahnya,,,,
    smg amal ibadah qt diterima disisi ALLAH SWT
    Amin………….

  23. boleh comment sekali lg… to Ryan & pendukungnya tlg dlm memahami Islam, jgn hanya barpatokan pd niat, tp kudu perhatiin jg syariatnya. Islam itu Universal fren. Cthnya shalat, qta gak hnya dsuruh perhatiin niat, tp hrs perhatiin adab & tata cara shalat.
    Dlihat sprti apapun kata 4JJI pasti dibaca “empat-je-je-i”. So…
    intinya gini aja deh, yg mesti qta turuti hanyalah Rasulullah SAW. bkn ustadz, kyai, atau ulama sekalipun. Apa pernah Rasulullah menyingkat2 nama ALLAH??? Inget ALLAH itu maha Agung, jd teramat sangat gak pantes qta ngubah2 nama ALLAH.
    sesungguhnya sgala kebenaran hanya milik ALLAH dan kesalahan pasti ada di setiap diri qta.

  24. bagus…🙂

  25. jika antum berpendapat bahwa tulisan 4JJ1 Tidak di perbolehkan, lebih bagusnya antum berikan penalaran yang masuk akal di sertai dengan dalil naqlix dan berapa % ulama indonesia yang sependapat dengan antum.

  26. weleh, hoaxnya ampe sini juga

  27. maklum om… kontributornya banyak nih…😀

  28. aqu setuju ama Heri Setiawan, kita jagn asal niat aja tapi ga ngerti asal-usuknya sebaiknya tinggalin aja hal-hal yang di ragukan…Tul?!!!

  29. aq setuju ma By: aLe on, ga penting mendebatkan ky gni, semuanya juga tergantung ma niatnya, msh byk hal yg lbh penting yg seharusnya kita perhatikan, spt sholat kita apa udah 5 waktu penuh dan udah bener,pdahal sholat hukumnya WAJIB bagi qt umat muslim, dari kesucian saja kadang kita ga memperhatikan, pokoknya msh byk hal yg penting yg hrs qt perhatikan, jgn mendebatkan hal yg kurang jelas n kurang bermanfaat spt ini. OK

  30. “what is in the name”…..im moslem,that s only ungkapan or tulisan ,gk pnting di prdebatkan getoo lhoooo!!!moslem gk akan rugi gunain kata ini and nasrani tak pantas bangga if kita gunain ini,,its depend on “niat”….ne 2007,so just think it clearly, and you’ll get the real meaning ok guys……………………..

  31. BISMIHI TA’ALA…

    sholawat serta salam kpd junjungan Nabi Agung dan Suci serta Bahtera Nuh(ahlul bayt)…!

    ikut nimbrung tentang penggunaan tulisan 4JJl (L)at 4JJI (i)…benarkah tulisan diatas bermakna For Judas,Jesus,Isa Al-Masih?

    saya melihat singkatan at simbol2 diatas bisa2 saja kalo mau dicocok2kan namanya juga singkatan…yg jadi masalah qo bisa kita disibukkan dgn masalah2 yg ga penting & ga ada manfaatnya…ajaib…!!!
    Ikhwan kita sdh ada yg menjawab kenapa hrs Yudas..bukankah yudas dlm keyakinan agama kristen dianggap pengkhianat? lagian kalo penulisan kata 4JJl (L)diakhir kalimatnya kita gunakan huruf el kecil(l) bukan (i) besar,maka L ga bisa diartiin Isa Almasih…jadi filosofi penulisan kata 4JJl bukan bersumber dari hayalan orang2 kristen at orang2 Islam yg mudah termakan hasutan at imajinasi liar orang2 kristen yg ga punya kerjaan… yg benar adalah kita patut mengacungi jempol kpd saudara kita yg pertama kali mengarang tulisan simbol Alloh at 4JJl tsb,boleh jadi Ia adalah seorang kaligrafis arab yg senang ber-SMS & terinspirasi utk membuat kaligrafi arab dgn huruf Latin…Dan bagi saya (hamba yg dhoif) penulisan huruf “4JJl” ini lebih Islami ketimbang “Alloh” yg sama2 menggunakan huruf latin…
    benar 4JJl ini menggunakan huruf Latin tapi ia menjadi bentuk kaligrafi Arab yg terangkai dari angka & huruf2…Bravo and Masya Alloh…Sekali lagi kita patut mengacungi jempol buat hamba 4JJl
    tsb yg telah menggunakan imajinasinya utk hal2 yg baik & bermanfaat..! Untung saja Hamba 4JJl tsb ga bikin Hak Cipta bagi karyanya sehingga kita ga perlu bayar royalti kalo mao make karya imajinasinya…Kholas semoga ga ribut2 lagi ya Mas & nona2manis…!
    Wassalam!

  32. salam…afwan nyambung lagi!!

    Masalah penulisan kalimat 4JJl sebenarnya ga ada hubungan dgn masalah Al-Haq(kebenaran), ini hanya
    masalah kreatifitas yg baik & asumsi yg tidak jelas yang mempersoalkannya pun tdk memiliki akar & sumber yg kokoh.
    Sekarang saya yg mau bertanya pada kalian semua..Bagaimana Dgn Tulisan Alif Lam Mim dlm AlQur’an jika diartikan lain Oleh Orang2 Arab Kristen menjadi istilah yg mendukung keyakinan orang2 kristen..apakah anda akan menjadi ragu dgn Alif lam mim bersumber dari Alqur,an..?
    Contoh lain Alqur,an mengatakan Tuhan manusia & Raja manusia (Malikinnas, Ilahinnas) dan pendeta2 at ahli agama kristen mengatakan bahwa itu sebenarnya adalah Jesus,krn Jesus adalah Tuhan & Raja berbentuk manusia,apakah anda akan menerima pemahaman orang kristen at meragukan kebenaran Alqur’an…?
    Ya akhi dalamilah agama Islam & hindari pembicaraan yg sepele kemudian didramatisir sedemikian rupa seolah-olah menjadi persoalan Haq & Batil…! ok afwan & alf Ashif!

  33. Betul sekali kalau Rasulullah melarang kita meniru2 kaum yahudi maupun Nasrani…
    tapi, penulisan lafadz 4JJI sebenernya yang niru2 itu orang islam ato Nasrani yang sengaja mngintimidasi kaum muslim agar tdk mnggunakan “4JJI” dg mmakainya u/ singktn For Judan Jesus Isa Almasih yg trnyata spt asal karang aja…

    Jesus = isa Almasih kan???

    jadi double tuh…

  34. setuju dengan gibran. torang (kita orang ^_^)indonesia refot mau nulis nama ilah kita pake huruf latin…. Allah? lafadznya kan Alah.. Alloh? lafadznya kan Aloh.. jadi saya sepenapat dengan gibran ini hanya masalah kreatifitas dan ga ada hubungan dengan judas dkk.. malah menurut saya itu adalah isu yang dihembuskan pihak kuffar..

    @epri

    manurut saya yesus tidak sama dengan isa a.s. yesus manusia disalib yang diserupakan isa a.s, sedangkan isa a.s masih hidup disisi ilah kita sekarang

  35. assalamu’alaikum warohmatulloh
    ana ingat salah atu wasiat Hasan al Banna : “jangan banyak berdebat, karena itu tidak ada gunanya”

  36. assalamu’alaikum warohmatulloh
    ana ingat salah satu wasiat Hasan al Banna : “jangan banyak berdebat, karena itu tidak ada gunanya”

  37. @nur,
    wa’alaykumussalaam warahmatullaahi wabaraakatuh.

    yak, anda benar sekali… kita memang dilarang berdebat… yah karena yang akan keluar hanyalah hawa nafsu…

    cukup menyampaikan apa yang perlu disampaikan, jika memang tidak diterima ya sudah, kita cuma menyampaikan saja…

    semoga Allah selalu memberikan petunjukNya kepada kita, hanya kepadaNyalah kita memohon petunjuk dan hanya dari Allah lah sebaik-baik petunjuk…

  38. Assalamu’alaikum
    Sory ikut nimbrung boleh ?…..
    gini tuk yang Informasikan bahwa singkatan 4JJI kayak yang bikin ribut semua Sodara disini da baiknya konfirmasi dlu kbnrnnya bener apa cuma Hoax doang….iya kan…? masalah berikutnya ialah seumur – umur yang ane tau penulisan Kata Allah selain dalam huruf aslinya telah ma’ruf ( di kenal secara umum ) iya kan….kalo 4JJI ? ini kan Sybhat…jadi bkn ribut…ok klo itu adlh kreatifitas ( klo g m di bilang m buat tata bahasa baru ) tapi apkh dlam perkara Agama terutama ttg Rabb ada kblehn berkreatifitas ? ingat lho…!!! bisa hal tsbt adlah Istihza’….( Penghinaan terhdp Agma ) dan ini menybabkn pelakunya jatuh pada kekafiran….sengaja atw tidk ! jgn marah ya…

  39. Hiks…,
    Satu lagi pendapat muncul dan saya sepakat dengannya…😀

    Jazakallaah akhi/ukhti HambaAllah

  40. wah, sekarang jd ga’bisa nyingkat lg dong!!!!

  41. lebih baik gitu…

  42. InsyaAllah kita hidup cari yang benar…ga’ usah terlalu banyak debat…

  43. Penggunaan tulisan 4JJI utk mengganti ALLAH dengan alasan apapun tidak dibenarkan. Tulisan 4JJI itu mirip tulisan ALLAH dalam bahasa arab. Tapi tulisan 4JJI kalau dibaca sama orang arab ya artinya tetap bukan ALLAH.
    Kalau ada yang mengatakan tergantung niat, itu jg salah karena tulisan itu jg dikirim dan dibaca oleh orang lain yg bisa menafsirkan lain.
    Kalau hanya alasan niat, ya ga usah pake 4JJI, coba pake yg lain 5FFO atau 8GTE sama aja tho? yg penting niat? apa kalau ada yg nulis Insya 8GTE terus diartikan Insya ALLAH? kalo yg nulis bilang trgantung niat ya niat apa ? kalo tulisan itu tersebar ke banyak orang dan ditafsirkan lain bisa jadi masalah kan? kalo mau niat ya niat sendiri lah ga usah disebar-sebar jadi ga bikin perdebatan yg tidak perlu. Jadi kalo mau nulis ALLAH ya tulis aja ALLAH, kalo diganti-ganti dengan yg lain dengan alasan trgantung niat terus dibenarkan orang banyak. Lama-lama tulisan ALLAH di Al-Qu’ran pun diganti sama 4JJI atau tulisan lain. mau seperti itu ? sama aja donk ini orang sholat tapi bacaannya bahasa indonesia, karena alasan niat. So yg nulis 4JJI segeralah tobat…….

  44. @atas saya,
    perumpamaan yang sangat bagus… Al-Qur’an juga banyak memberikan perumpamaan untuk memberikan penjelasan secara logis kepada manusia…

    hal ini juga berlaku dalam pengucapan salam… bukan begitu…?

  45. barusan aku mendengar tentang topik yang antum tulis. aku pun bertanya masa iya demikian? aku langsung mencari topik yang antum bahas Alhamdulillah ketemu. terlepas dari benar atau pun salah, yang jelas aku berterima kasih antum telah mengingatkan kita semua.
    semoga kita bisa lebih berhati-hati dalam melangkah. apalagi hal itu menyangjut akidah.

  46. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Af1,sblumny.sandi bru tau klo mnulis nma 4JJl sprti ni,pnya makna laen.pada tman2 smua sandi mo tnya,da nggak dalil2 yg mngatakn tu tdk bleh. Cz sandi jg sring tlis nma 4JJl Swt.sperti ni.pa msih pny mkna for jesus judas isa al masih?Kan ada Swt ny yg hnya milik ALLAH SWT. Syukron

  47. Assalaamu’alaikum!!!

    Langsung ke intinya aja deh!!

    Boleh atau tidak menulis lafadz Allah dengan kombinasi antara angka or huruf seperti “4JJI”??

    yang bilang boleh apa alasan dan dalilnya??
    dan juga sebaliknya, yang bilang tidak boleh apa alasan dan dalilnya?? (tentunya alasan dan dalil tsb ngambilnya dari Al-Quran,Hadits,Ijma’ or Qiyas)

    jangan asal Cuapp Cuapp aja,.
    saya yang baru duduk di kalas 5 MI juga bisa kalau asal cuap cuap aja,.

    syukron,.

    -wassalam,.

  48. Yang merasa Tuhan’y Allah ya tulis Allah..,
    yg tuhan’y 4jjl mah mangga aj,silahkan..,

    agamamu agamamu, Agamaku Agamaku, tuhanmu tuhanmu, Tuhanku Tuhanku..,

  49. […] dear all netterhttps://ukimedia.wordpress.com/2007/07/02/penulisan-lafadz-alloh-swt/!http://tausyiah275.wordpress.com/2007/09/18/hoax-tentang-alloh/ […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: